Sabtu, 18 Juni 2011

Kupas Tuntas MTB (Mountain Bike)

Sebuah sepeda gunung atau sepeda gunung (MTB atau disingkat ATB (all terrain bikecycle)) adalah sepeda dibuat untuk off-road bersepeda. Kegiatan ini termasuk melintasi batu dan penurunan curam, di jalur kotoran, jalan logging, dan lain-kegiatan lingkungan beraspal biasa disebut bersepeda gunung. Sepeda ini harus mampu menahan tekanan off-road dengan hambatan seperti kayu dan batu. Sepeda gunung Kebanyakan menggunakan roda dengan rims yang 559mm dalam ISO ukuran, bahasa sehari-hari disebut sebagai "26-inch", meskipun istilah ini tidak akurat karena mencakup terlalu banyak pelek dan ukuran ban menjadi berarti. Roda digunakan pada sepeda gunung biasanya menggunakan lebar, ban ceking untuk traksi yang baik pada medan yang tidak rata dan penyerapan shock. Sejak pertengahan 1990-an, suspensi roda depan telah menjadi norma dan sejak akhir 1990-an, depan penuh dan suspensi belakang telah menjadi semakin umum. Beberapa sepeda gunung juga dilengkapi dengan bar berakhir pada setang untuk memberikan leverage ekstra untuk bukit-mendaki.

Sejak pengembangan olahraga pada 1970-an subtipe baru banyak bersepeda gunung telah dikembangkan, seperti cross country (XC) bersepeda, semua-hari daya tahan bersepeda, Freeride-bersepeda, bersepeda gunung menurun, dan berbagai lomba trek dan slalom . Masing-masing tuntutan tempat yang berbeda di sepeda yang membutuhkan desain yang berbeda untuk kinerja yang optimal. MTB pembangunan telah disertakan peningkatan gearing, sampai dengan 30 kecepatan, untuk memfasilitasi baik keturunan mendaki dan cepat. Perkembangan lain termasuk disc bukan rem pelek.

Sejarah sepeda gunung mencakup kontribusi dari cyclo-cross di Eropa dan Fellowship Roughstuff di Inggris. Nama "sepeda gunung" pertama kali muncul di cetak pada tahun 1966 sebagai "sepeda gunung". Sepeda gunung adalah sepeda cruiser dimodifikasi berat yang digunakan untuk freewheeling menuruni jalan pegunungan. Olahraga menjadi populer pada tahun 1970 di Marin County, California, Amerika Serikat. Tahun 2007 film dokumenter, Klunkerz: Sebuah Film Tentang Sepeda Gunung, terlihat pada periode off-road bersepeda secara rinci. Namun, tidak sampai akhir 1970-an dan 1980-an awal bahwa jalan perusahaan sepeda mulai memproduksi sepeda gunung menggunakan material berteknologi tinggi ringan, seperti aluminium M4, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, titanium dan serat karbon frame telah menjadi lebih umum, tetapi dapat sangat mahal. Produksi massal sepeda gunung pertama adalah Stumpjumper khusus, pertama kali diproduksi pada tahun 1981 Sepanjang tahun 1990-an dan 2000-an, bersepeda gunung pindah dari olahraga sedikit diketahui dengan aktivitas utama..

Ada beberapa gaya yang berbeda dari bersepeda gunung, biasanya ditentukan oleh medan, dan karena itu sepeda yang digunakan. Gaya naik sepeda gunung dan sepeda gunung telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir mengarah ke istilah-istilah seperti Freeride dan "motor Trail" yang digunakan untuk mengkategorikan sepeda gunung. Definisi untuk istilah yang paling banyak digunakan tercantum di bawah ini.


Lintas negara (XC) sepeda gunung yang dirancang terutama di sekitar disiplin balap lintas negara. Balap lintas negara dengan penekanan pada mendaki serta kecepatan dan daya tahan tuntutan sepeda yang baik ringan dan efisien. Pada 1980-an dan sepeda gunung XC awal 1990-an biasanya terdiri dari sebuah frame hardtail baja ringan dengan garpu kaku. Sepanjang tahun 1990-an sepeda XC berevolusi untuk menggabungkan frame aluminium ringan dan perjalanan pendek (65 sampai 110mm) depan garpu suspensi. Baru desain suspensi penuh telah menjadi lebih umum, penggunaan komposit serat karbon canggih telah memungkinkan para desainer untuk menghasilkan desain sepeda suspensi penuh di bawah 10 kg. Suspensi sepeda lengkap seperti Epos khusus dan Mérida Sembilan Dua telah berhasil digunakan untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Cross Country. Geometri sepeda Cross Country menyukai kemampuan memanjat dan tanggapan cepat atas turun dan stabilitas dan sebagai akibat sudut kepala khas adalah 70-71o Meskipun ditujukan untuk off-road, sepeda Cross Country gunung dengan penekanan mereka pada konstruksi ringan tidak dirancang untuk penggunaan di medan paling terjal atau berat.

"Trail" Sepeda adalah pengembangan sepeda XC yang umumnya digunakan oleh pesepeda gunung rekreasi baik di sengaja dibangun "pusat Trail" atau di alam jalur off-road. Mereka biasanya memiliki sekitar 5 "(120-140mm) dari perjalanan, berat 11 sampai 15 kilogram (24-33 lb), dan memiliki sedikit geometri sepeda XC pemalas dari, meskipun tidak kendur sebagai PM sepeda Contoh termasuk The Trance Giant,. Trek Fuel EX series, FSR Stumpjumper khusus, dan lain-lain. Dengan kurang dari penekanan pada berat badan, Bikes Trail biasanya dibangun untuk menangani medan kasar dari sepeda XC didedikasikan sementara memiliki sudut kepala pemalas (69-680) yang menyediakan stabilitas yang lebih besar sementara descending .

Enduro / semua-gunung (AM) sepeda menjembatani kesenjangan antara lintas negara dan sepeda Freeride, seperti seri Remedy Trek, Specialized ENDURO, biasanya dengan berat antara 13 sampai 16 kilogram (29-35 lb). Sepeda ini cenderung fitur perjalanan suspensi lebih besar, sering sebanyak 6 inci (150 mm) atau 7 "depan dan perjalanan belakang, sering disetel pada sepeda pertengahan dan high-end baru. Mereka dirancang untuk bisa memanjat dan turun dengan baik, motor ini dimaksudkan untuk dikendarai pada semua-hari yang melibatkan memanjat naik terjal dan curam keturunan, maka istilah 'semua-gunung'.


Downhill (DH) sepeda biasanya memiliki delapan atau lebih inci (200 mm) dari perjalanan suspensi. Mereka dibangun dengan frame yang kuat, namun ringan, yang sering memerlukan penggunaan 78alloys lebih mahal. Dalam beberapa tahun terakhir, lebih ringan menurun sepeda telah mendapatkan di bawah angka 40 lbs (18 kg). Karena gigi mereka biasanya besar atau tinggi, panjang, perjalanan mewah dan kendur sudut geometri, Downhill sepeda ideal hanya untuk naik turun jalan menuruni bukit dan berdedikasi kursus ras. Downhill sepeda memiliki sag sebagian besar Sepeda Gunung untuk mendapatkan traksi yang cukup untuk pergi cepat melalui jalan bergelombang. Sudut kepala sering sebagai slack seperti 63 derajat. Beberapa jenis rekor kecepatan sepeda telah terdaftar menurun. Karena sifat tinggi kecepatan menurun mengendarai sepeda paling hanya memiliki satu cincin rantai di depan, seorang penjaga bash besar dan panduan rantai, meskipun sekarang banyak pembalap menggunakan panduan rantai tanpa penjaga bash untuk mengurangi berat badan. Beberapa yang paling up to date fitur desain gearbox internal dibangun langsung ke dalam konstruksi rangka, modifikasi ini menghilangkan kebutuhan untuk mekanisme derailleur belakang, meskipun desain ini belum banyak dianut belum.

Freeride (FR) sepeda gunung yang mirip dengan sepeda menurun, tetapi dengan penekanan kurang pada berat dan lebih pada kekuatan. Sepeda freeride cenderung memiliki suspensi yang cukup luas dan biasanya memiliki minimal 7 inci (180 mm) dari perjalanan. Komponen yang dibangun dari kuat, akibatnya lebih berat, bahan. Mereka dapat dikendarai menanjak, tetapi tidak efisien dan sudut kepala agak kendur tabung mereka membuat mereka sulit untuk bermanuver ketika miring sebuah bukit atau berjalan pada kecepatan rendah. Mereka efektif pada jalur teknis menurun. Sudut frame biasanya lebih curam dari yang ditemukan di sepeda menurun. Hal ini meningkatkan kemampuan manuver atas dan di sekitar benda-benda kecil. Sepeda freeride biasanya berkisar berat dari 14 menjadi 20 kilogram (31-44 lb). Sepeda Freeride paling tahan lama sering terlalu berat dan memiliki suspensi terlalu banyak untuk dikendarai menanjak senyaman lainnya kurang kokoh model, meskipun baru, sepeda lebih mahal datang dengan suspensi khusus dirancang untuk membuat mereka lebih mudah untuk naik menanjak.


Ujian sepeda diatur sangat khusus untuk tujuan uji coba sepeda. Dua jenis percobaan sepeda ada, mereka dengan 26 "roda (disebut sebagai 'saham') dan mereka dengan 20" roda (disebut sebagai 'mod' - karena secara historis mereka dimodifikasi sepeda BMX). Mereka biasanya memiliki suspensi sama sekali, meskipun beberapa masih menggunakan beberapa bentuk dari itu. Peraturan kompetisi memerlukan sepeda saham memiliki beberapa gigi untuk kompetisi, namun pembalap paling tidak pernah menggunakan shifter mereka. Aturan persaingan tidak memerlukan sepeda mod untuk memiliki gigi. Banyak pengendara non-kompetitif menjalankan tunggal kecepatan, memilih, cukup rendah kecepatan tinggi torsi gigi. Paling modern percobaan sepeda memiliki kursi sama sekali, sebagai pengendara menghabiskan seluruh waktunya keluar dari pelana. Motor ini secara signifikan lebih ringan dari hampir semua sepeda gunung lainnya, berkisar dari 7 sampai 11 kilogram (15 sampai 24 lb). Hal ini membuat manuver sepeda jauh lebih mudah.

Kotoran melompat, perkotaan dan jalan sepeda gunung terletak di suatu tempat di antara sepeda BMX dan sepeda Freeride. Mereka biasanya sepeda sangat kuat, dengan 4 sampai 6 inci (100 sampai 150 mm) dari suspensi depan, dan jarang ada suspensi belakang (3 sampai 4 inci, 76 sampai 100 mm, jika ada), dengan sebanyak sembilan gigi atau sebagai sedikitnya satu. Ban sepeda ini biasanya cepat bergulir, licin atau semi-slicks. Kotoran Pelompat biasanya olahraga geometri 24-26 "ban, serta bashring (sejenis bashguard) menggantikan cincin terbesar di crankset itu. Jumper Kotoran biasanya memiliki seatposts rendah dan setang besar. Jumper kotoran Kebanyakan memiliki rem belakang diperpanjang kabel dipasang dan tidak memiliki rem depan, yang memungkinkan pengendara untuk memutar handle bar tanpa kekusutan kabel rem.

Single-kecepatan (SS) sepeda gunung memiliki satu set gigi rasio. Rasio gigi yang dipilih tergantung pada medan yang sedang ditunggangi, kekuatan dan keterampilan pengendara, dan ukuran sepeda (sepeda dengan 29 "roda sering memerlukan yang berbeda gearing dari sepeda dengan standar 26" roda). Sering tunggal kecepatan sepenuhnya kaku, berbingkai baja sepeda. Ini biasanya ditunggangi oleh individu sangat pas pada ringan sampai sedang medan lintas negara.

Gunung salib atau "Empat-salib" (4X) adalah gaya yang relatif baru naik di mana para pengendara sepeda motor empat balapan menuruni bukit pada, disiapkan BMX seperti, lagu, hanya mencoba untuk turun pertama. Sepeda ini umumnya baik suspensi penuh dengan 3 sampai 4 inci (76 sampai 100 mm) dari perjalanan, atau hardtails, dan, biasanya, frame cukup kuat. Mereka menjalankan chainguide di depan dan roda gigi di bagian belakang. Mereka memiliki sudut kepala kendur, chainstays pendek dan kurung bawah rendah untuk membantu dalam menikung dan percepatan.

Dual slalom (DS) mirip dengan Empat-lintas, tapi bukannya empat pengendara sepeda bersaing selama perlombaan, hanya ada dua. Kursus biasanya memiliki jalur bagi pengendara masing-masing, meskipun beberapa bergabung untuk jalur tunggal di tempat atau bahkan untuk banyak kursus. Kursus ini pada umumnya lebih teknis dengan lompatan yang lebih kecil dari Empat-lintas program. Dual Slalom ras awalnya terjadi pada lereng rumput dengan gerbang dan melompat minim, tetapi sekarang diadakan pada program buatan manusia. Dual slalom pengendara biasanya akan menggunakan sepeda yang sama yang Empat-lintas pengendara digunakan.

Pendek silang atau kecepatan silang (SC) adalah bentuk terbaru dari bersepeda gunung. Idenya adalah untuk perjalanan pendek, jalan hutan yang sempit dengan batu dan akar, tetapi tidak harus ada landai pada mereka. Panjang yang optimal dari jalur ini dari beberapa puluhan hingga ratusan meter. Sesak adalah untuk memberikan kecepatan ekstrim dan getaran untuk melewati rintangan secepat mungkin tanpa menabrak. Ketinggian setiap jalur tidak harus berbeda jauh. Arah utama dari setiap jalur dari aspek vertikal dapat naik atau turun. Transisi antara bagian-bagian penting yang bisa dianggap enteng dan berhenti di awal jalan setiap untuk memberikan jumlah maksimum aksi mendebarkan diperoleh melalui kecepatan. Sepeda pas terbaik untuk SC mungkin ringan, tapi lama perjalanan sepeda suspensi penuh.

Indycross (IX) pada dasarnya adalah sebuah acara Palang Gunung menampilkan berbagai macam fitur yang dijalankan oleh satu pesaing per waktu.

Sepeda North Shore jauh seperti sepeda Freeride dalam geometri dan menurun sepeda di makeup komponen mereka. Karena pantai utara stunts telah berevolusi untuk tidak hanya mencakup jembatan sederhana dan kompleks, tetapi juga tetes besar dan berkecepatan tinggi keturunan melalui serangkaian aksi sepeda pantai utara umumnya memiliki sebagai perjalanan sebanyak menurun dan sepeda Freeride, namun dengan bingkai jauh lebih gesit dan bermanuver desain, dan berat badan sering ringan.

Lingkaran kotoran trek balap Dalam kelas balap segala jenis sepeda yang digunakan, paling sering gunung sepeda hardtail dengan suspensi depan. Banyak modifikasi yang berbeda yang dibuat untuk melacak sepeda balap, seperti mengurangi berat badan sepeda, meningkatkan daya rem, mencoba cambers berbeda (sehingga ketika sepeda bersandar ban lebih sejajar dengan trek sehingga menciptakan pegangan yang lebih), dan mencoba rasio gigi yang berbeda.

Pada tahun 2000-an, sepeda gunung sering menggunakan frame dirancang untuk off-road, yang diperkuat untuk menahan melompat dan dampak dan yang menggunakan geometri yang memungkinkan untuk naik lebih bersemangat lebih dari hambatan seperti kayu, batu, dan landai. Pada tahun 2000-an, sepeda gunung seringkali memiliki kecepatan baik 21, 24, atau 27, dengan 3 roda gigi di depan, dan 7 8, atau 9 gigi di roda belakang. Tiga puluh kecepatan sepeda gunung sebelumnya telah dijalankan, karena lumpur-penumpahan kemampuan kaset sepuluh kecepatan, dan kerumitan dari derailleur belakang sepuluh kecepatan tidak pernah cocok. Namun, banyak pro-tingkat pengendara sepeda motor gunung telah diambil untuk menggunakan rantai 10-kecepatan jalan sempit dengan setup 9-kecepatan dalam upaya untuk mengurangi berat sepeda mereka. Pada awal 2009, kelompok komponen SRAM mengumumkan rilis mereka groupset XX mereka, yang menggunakan derailleur depan dua kecepatan, dan kecepatan sepuluh derailleur belakang dan kaset, mirip dengan sepeda jalan. Lumpur-penumpahan kemampuan sepuluh kecepatan kaset XX mereka dibuat cocok untuk digunakan MTB oleh mesin CNC ekstensif kaset. Karena waktu dan biaya yang terlibat dalam suatu produk, mereka hanya ditujukan top-end XC-pembalap. Namun, 10-kecepatan telah menjadi biasa pada 2011 dan pasar Shimano pemimpin bahkan menawarkan groupset anggaran itu "Alivio" dalam versi 10-kecepatan.

Sudut kritis dalam geometri sepeda yang sudut kepala (sudut tabung kepala), dan tabung kursi sudut (sudut tabung kursi). Sudut-sudut ini diukur dari posisi horisontal, dan secara drastis mempengaruhi posisi pengendara dan karakteristik kinerja sepeda. Secara umum, sudut curam (lebih dekat ke 90 derajat dari horisontal) lebih efisien untuk mengayuh bukit dan membuat untuk penanganan lebih tajam. Pemalas sudut (bersandar jauh dari vertikal) lebih disukai untuk kecepatan tinggi dan stabilitas menurun.

Pada sepeda gunung terakhir telah frame kaku dan garpu. Pada awal tahun 1990, sepeda gunung pertama dengan garpu suspensi diperkenalkan. Hal ini membuat naik di medan kasar lebih mudah dan kurang secara fisik stres. Garpu suspensi pertama sekitar 1 ½ sampai 2 inci (38 sampai 50 mm) dari perjalanan suspensi. Garpu sekarang tersedia dengan 8 inci (200 mm) dari perjalanan atau lebih (lihat di atas bawah "Desain.") Sepeda dengan suspensi depan dan kaku, non-ditangguhkan roda belakang, atau hardtails menjadi populer hampir dalam semalam. Sementara desain hardtail memiliki manfaat biaya yang lebih rendah, kurang pemeliharaan, dan efisiensi mengayuh lebih baik, perlahan-lahan kehilangan popularitas karena perbaikan dalam desain suspensi penuh.

Banyak sepeda gunung baru mengintegrasikan "suspensi penuh" desain dikenal sebagai Dual Suspensi atau "penuh susser", yang berarti bahwa baik depan dan ban belakang dilengkapi dengan shock absorber dalam beberapa bentuk saat roda menempel pada sepeda untuk menyediakan halus naik sebagai roda depan dan belakang sekarang dapat melakukan perjalanan atas dan bawah untuk menyerap kekuatan hambatan mencolok ban. Sepeda suspensi ganda dengan kualitas yang sama jauh lebih mahal, tetapi kenaikan harga ini membawa upgrade performa off-road besar sebagai sepeda suspensi ganda yang lebih cepat pada menurun dan teknis / bagian kasar, daripada bentuk-bentuk lain dari sepeda gunung. Hal ini karena ketika roda pemogokan kendala kecenderungan untuk bergerak naik. Karena beberapa energi maju tersesat di gerakan ke atas beberapa kecepatan hilang. Suspensi sepeda dual memecahkan masalah ini dengan menyerap gaya ke atas dan mengirimkan ke dalam guncangan dari roda depan dan belakang, secara drastis mengurangi terjemahan momentum ke depan menjadi gerakan ke atas berguna. Banyak sepeda suspensi ganda termasuk menurun, Freeride dan gunung, meskipun beberapa sepeda yang dibangun hanya untuk memiliki misalnya suspensi depan kotoran melompat, gunung. Hal ini membuat mereka lebih ringan dan lebih mudah untuk mengontrol sementara di gerak.

Kekurangan dari suspensi belakang meningkat berat badan, harga meningkat, dan dengan beberapa desain, penurunan mengayuh efisiensi, ini terutama terlihat ketika bersepeda di jalan dan jalur keras. Pada awalnya, awal desain suspensi belakang yang terlalu berat, dan rentan baik untuk mengayuh-angguk diinduksi atau lockout pada titik-titik tertentu dari busur suspensi atau bepergian, ini masih kasus sepeda bagian bawah banyak. Salah satu desain yang paling populer suspensi belakang untuk memecahkan masalah ini telah menjadi 'Link Horst' yang pertama kali muncul dengan seri AMP sepeda, dan kemudian diadopsi oleh banyak produsen khusus dan sepeda gunung lainnya.

Sementara murah toko serba-gaya sepeda gunung sering kali datang dengan V-rem, yang paling tinggi-end sepeda gunung diproduksi sejak pertengahan 2000-an rem menggunakan disk. Menawarkan perbaikan rem menghentikan kekuasaan atas bibir dalam kondisi yang sulit, karena mereka berada di pusat roda (pada hub roda) dan karena itu tetap kering dan bersih daripada roda rims, yang lebih mudah kotor atau rusak. Sementara kantilever tradisional dan V-rem sistem gaya pengereman yang disediakan cukup pengereman sepeda sepenuhnya kaku dan, sebelumnya kurang canggih dilengkapi suspensi garpu sepeda, seperti suspensi telah diciptakan untuk kecepatan sepeda yang lebih tinggi. Rem cakram menawarkan kapasitas untuk pengereman berat berkelanjutan dengan lebih sedikit masalah memudar rem daripada dihadapi dengan rem pelek, memungkinkan margin keamanan yang lebih besar dengan kelelahan pengendara kurang, modulasi lebih besar dan karenanya kontrol.

Kerugian dari rem cakram adalah biaya mereka meningkat dan berat seringkali lebih besar. Rem cakram hidrolik, yang bekerja dengan memindahkan minyak rem melalui selang atau baris untuk menekan bantalan bersama-sama, membutuhkan perawatan yang jauh lebih teknis namun menikmati kekuatan jauh lebih berhenti dan interval servis lebih lama daripada rekan-rekan mekanik mereka. Rem cakram mekanis, yang sederhana dan agak lebih murah, bekerja dengan cara yang mirip dengan pelek rem dengan menarik satu pad ke disk dengan kabel, namun menawarkan sekitar jumlah yang sama gaya pengereman sebagai rem V-, yang berarti bahwa keuntungan sistem tersebut terbatas pada keuntungan umum dari rem cakram lebih dari V-rem, pembatasan tentu saja, kekuasaan - ini termasuk kinerja yang lebih baik dalam kondisi berlumpur dan basah, dan kemudahan menghapus roda. Kekuatan pengereman dari rem cakram juga tergantung pada ukuran rotor. Sebagai contoh, sebuah rotor 8-inci memiliki lebih menghentikan daya dari rotor 6-inci desain yang sama (sekitar 33% lebih). Hal ini karena caliper rem dapat menerapkan torsi lebih banyak dengan jumlah yang sama gaya karena disk yang lebih besar menyediakan lengan saat lagi.

Rem cakram adalah pilihan yang baik untuk semua jenis naik, terutama di medan basah dan berlumpur. Dalam bentuk hampir setiap MTB balap, rem V-telah menjadi usang, digantikan oleh rem cakram hidrolik - rem cakram adalah suatu keharusan untuk Downhill, sebagai V-rem tidak mampu memberikan tenaga pengereman yang diperlukan. Dalam pro-tingkat balap XC, V-rem juga telah menjadi usang karena pengurangan berat badan yang besar di rem cakram hidrolik (beberapa set ini dapat menimbang sesedikit 300 gram) dan kursus semakin teknis.

Sepeda gunung Kebanyakan menggunakan sepeda roda 26-inch (559 mm), meskipun beberapa model menawarkan 24 atau 29 di (520 atau 622 mm) roda. Sepeda roda ukuran tidak pengukuran yang tepat: sebuah roda sepeda gunung 29 inci sebenarnya memiliki 622 milimeter (24,5 in)) kursi diameter manik (, ​​istilah kursi diameter manik (BSD), digunakan dalam ban dan pelek ukuran ETRTO sistem). 622 roda mm standar pada sepeda jalan dan biasanya dikenal sebagai 700C. Di beberapa negara, terutama di Benua Eropa, 700C (622 mm) roda biasanya disebut roda 28 inci [4] 24 roda inci yang digunakan untuk sepeda kotoran melompat dan terkadang di sepeda Freeride,. Roda belakang saja, karena hal ini membuat motor lebih bermanuver. 29 inci roda pernah digunakan hanya untuk tujuan Cross Country, namun sekarang menjadi lebih umum dalam disiplin lain dari bersepeda gunung. Sebuah sepeda gunung dengan 29 "roda sering disebut sebagai 29er suatu Roda datang dalam berbagai lebar, mulai dari standar rims cocok untuk digunakan dengan ban dalam 26 di x 1,90 ke 2,10 di (559 48-53 mm x). ukuran, untuk 2,35 dan 3,00 pada (60 dan 76 mm) lebar populer dengan sepeda Freeride dan menuruni bukit. Meskipun wheelsets berat yang disukai di Freeride dan menuruni bukit disiplin, kemajuan teknologi roda terus mencukur berat badan dari roda yang kuat. Hal ini sangat menguntungkan karena bergulir berat badan sangat mempengaruhi penanganan dan kontrol, yang sangat penting untuk sifat teknis Freeride dan menuruni bukit naik. Lebar roda terluas kadang-kadang digunakan oleh icebikers yang menggunakan sepeda gunung mereka untuk musim dingin kali naik dalam kondisi bersalju.

Produsen memproduksi ban sepeda dengan berbagai pola tapak yang sesuai dengan kebutuhan. Diantara gaya ini adalah: jalanan licin ban, ban jalanan dengan ridge dan tapak luar, sepenuhnya menonjol, depan-spesifik, belakang-spesifik, dan salju bertaburan. Beberapa ban dapat dirancang khusus untuk digunakan dalam cuaca tertentu (basah atau kering) dan daerah (keras, lunak, berlumpur, dll) kondisi. Desain ban lain berusaha untuk menjadi semua-sekitar yang berlaku. Dalam aplikasi yang dimaksud sama, ban lebih mahal cenderung lebih ringan dan memiliki ketahanan kurang bergulir. Karet ban lengket sekarang tersedia untuk digunakan pada sepeda Freeride dan menuruni bukit. Sementara ban ini lebih cepat mengalami kerusakan, mereka memberikan traksi yang lebih besar dalam semua kondisi, terutama saat menikung. Ban dan rims tersedia baik tabung atau desain tubeless, dengan ban tubeless baru (2004) mendapatkan nikmat untuk ketahanan mencubit datar mereka. Ban tubeless juga dapat dijalankan pada tekanan udara lebih rendah untuk meningkatkan traksi dan hambatan gelinding meningkat. Produsen ban populer termasuk Wilderness Trail Bikes, Schwalbe, Maxxis, Nokian, Michelin, Kontinental, Tioga, Kenda, Hutchinson khusus dan Panaracer. [Pv]

Sumber:
Dari berbagai sumber: Internet, Majalah-Majalah sepeda



1 komentar:

Anonim mengatakan...

hi petualanganveri.blogspot.com blogger discovered your website via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramatically increase traffic to your blog http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer page rank check seo cost backlinks backlinks service Take care. Jay