Minggu, 26 Juni 2011

Capek Hilang, Capek Lagi dan Capeknya Hilang Lagi


Minggu ini tepatnya tanggal 26 Juni 2011, di Semarang ada kegiatan sepeda santai. (funbike). Herannya, dalam satu kota ada dua event. Event pertama, adalah sepeda santai yang diadakan Bhayangkara dalam rangka HUT Bhayangkara dimana peserta tidak dipungut biaya, dan event kedua diadakan oleh KOMPAS dimana peserta membayar Rp 20.000.
Saya bingung mau ikut yang mana. Pada hari Jum'at saya ke sekretariat untuk menayakan agenda BSC Semarang. Ternyata, mereka tidak ikut kedua-duanya. BSC Team memilih untuk bersepeda sendiri. BSC team memilih jalur jalan Hutan jati. Wah, saya tidak tahu dimana tempatnya, yang pasti masih di daerah Semarang entah itu Mijen, Kali Wungu, dan Mangkang.

Pagi hari udara sangat bersahabat. Cerah dan udara masih bersih untuk daerah Semarang pada pukul 5.30. Saya bergegas menuju Base Camp BSC Team. Dalam perjalanan, ternyata Jalan menuju RS Kariyadi Semarang dari Gereja katolik Katedral Semarang sudah ditutup polisi. Saya mencoba masuk. Wow... Sebelum sampai RS Kariyadi daya tidak bisa menerobos karena sudah dipenuhi peserta Funbike yang diadakan Bhayangkara. Akhirnya, saya berbaik arah menuju PasarBulu. Pada akhirnya jam 5.50 saya sudah sampai basecamp BSC Team.

Pukul 06.30 anggota BSC sudah kumpul semua, dan langsung gowes menuju BBC (Bringin). Sampai di Bringin, pukul 07.00. Anggota BSC team ada yang izin tidak bisa melanjutkan gowesnya karena ada sesuatu hal. BSC Team dan BBC berkumpul, dan merencanakan gowes pada hari ini. Setelah membicarakan, akhirnya start menuju lokasi. Terus terang saya tak tahu tempatnya yang penting asal gowes.

Belum ada 500 m perjalanan, sudah diberi jalan konblok/paving, parahnya lagi jalan itu rusak. Kira-kira 500 meter lagi diberi tanjakan ringan. makin jauh makin 'Hoek" dimana jalan itu naik (tanjakan). Parahnya lagi tanjakannya panjang. tidak di beri kesempatan hirup udara untuk ancang-ancang.

Sampai diatas, istirahat sejenak sambil menikmati udara pagi yang sejuk dan pemandangan hutan jati. Saya merasakan lelah yang luar biasa, namun pada akhirnya lelah itu hilang. Setelah menghirup udara dan istirahat, melanjutkan kembali perjalanan.Awalnya hanya turunan, tidak tahunya didepan sebuah tanjakan yang tajam.
Saya menikmati benar perjalanan ini. Mengayuh sepeda sambil memandang hutan jati. Memang badan capek sekali, tapi hilang sendirinya dengan melihat pemandangan di sekitar.

Kurang lebih 2-3km saya menempuh. Saya melewati hutan jati yang rusak berat berbatu-batu. Saya nikmati itu semua dan saya abadikan. Kurang lebih500 meter jalan itu berbatu.

Setelah kurang lebih 1 Km ngayuh sepeda, saya melihat betapa indah sawah membentang. saya juga mengabadikan. kebetulan pagi itu ada warga (petani) yang sedang mengerjakan sawah. rasa capek hilang lagi setelah melihat sawah.
Sekitar 2 km saya mengayuh, akhirnya sampai juga di warung untuk sarapan pagi. Saya da teman-teman BSC duduk duduk di warung untuk menghilangkan rasa capek, sambil brcanda dan tertawa.

Tidak ada komentar: